Kegiatan LDKS dan Pelantikan Pengurus OSIS Periode 2023/2024

Kegiatan LDKS dan Pelantikan Pengurus OSIS Periode 2023/2024

LDKS merupakan singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Tujuan utamanya adalah mengembangkan potensi kepemimpinan dan karakter positif siswa, terutama pengurus OSIS SMk Idhotun Nasyi’in. Dengan melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan, LDKS menciptakan lingkungan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada buku pelajaran, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan.

Pelaksanaan LDKS melibatkan serangkaian kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan, kerjasama tim, dan pembentukan karakter. Peserta LDKS diajak untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan, mulai dari kegiatan outbound, pelatihan kepemimpinan, hingga kegiatan sosial untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang tanggung jawab sosial.

Kegiatan LDKS tidak hanya memberikan manfaat akademis tetapi juga membantu siswa dalam pengembangan karakter kepeimpinan pribadi. Melalui interaksi sosial dan tugas kelompok, siswa belajar mengenali potensi diri mereka, mengasah kemampuan komunikasi, serta membangun rasa tanggung jawab dan disiplin.

Pentingnya LDKS tidak hanya terletak pada aspek ekstrakurikuler, tetapi juga sejalan dengan kurikulum sekolah. Integrasi ini memastikan bahwa nilai-nilai dan keterampilan yang diperoleh siswa dari LDKS mendukung pengembangan akademis mereka.

Melalui kegiatan LDKS, sekolah mampu menciptakan budaya yang proaktif, inklusif, dan positif. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan siswa tidak hanya dalam hal akademis tetapi juga dalam hal karakter.


Pelaksanaan Kegiatan LDKS SMK Idhotun Nasyi'in

Dalam pelaksanaannya, kegiatan LDKS di SMK Idhotun Nasyi’in dilaksanakan selama 2 hari, tepatnya pada Hari Rabu, 8 November 2023 sampai dengan Hari Kamis, 9 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus OSIS baru periode 2023/2024 dan sebagian dari perwakilan kelas.

Nah, dikarenakan baru pada awal tahun ajaran 2023/2024, SMK Idhotun Nasyi'in berpindah gedung baru, untuk itu tempat  pelaksanaan kegiatan LDKS ini diadakan di gedung Pondok Pesantren Idhotun Nasyi'in.


Pelantikan Pengurus OSIS Baru Masa Bakti 2023/2024

Kegiatan LDKS ini ditutup dengan pelantikan pengurus OSIS baru SMK Idhotun Nasyi'in masa bakti 2023/2024 oleh Bapak Nova Hari Saputro, S.Pd selaku Kepala SMK Idhotun Nasyi'in.

Pada tahun ini, peminat siswa yang bergabung dalam OSIS memang terbilang sepi, sehingga Bapak Nova Hari Saputro, S.Pd memberikan motivasi untuk melakukan kadersasi OSIS pada tahun yang akan datang. Kendatipun demikian, sepinya peminat untuk bergabung dalam OSIS bukan menjadi alasan pengurus baru untuk tidak turut semangat dalam menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawab mereka.

0 Komentar