Kegiatan P5 Suara Demokrasi dan Pilkasis SMK Idhotun Nasyi'in

Kegiatan P5 Suara Demokrasi dan Pelkasis SMK Idhotun Nasyi'in

Di dunia yang terus berubah dengan cepat saat ini, memberikan nilai-nilai dan etika kepada generasi muda sangat penting. "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" atau P5 adalah inisiatif yang memegang peranan penting dalam memastikan para pelajar memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, yang menjadi dasar ideologi negara Indonesia.

Pendidikan Pancasila adalah pondasi dari kesadaran etis dan moral bagi setiap warga negara. Ini mencakup nilai-nilai seperti gotong-royong, keadilan sosial, demokrasi, dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Memahami dan menerapkan Pancasila adalah kunci untuk membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan etis.

P5 bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap Pancasila dan bagaimana nilai-nilai ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan generasi muda yang bertanggung jawab, adil, dan memiliki integritas tinggi.


Kegiatan P5 di SMK Idhotun Nasyi'in

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah langkah penting dalam membangun generasi muda yang memiliki integritas tinggi dan bertanggung jawab. Melalui pendidikan Pancasila, diharapkan ini membawa perubahan positif bagi segenap warga SMK Idhotun Nasyi'in.

Berikut ini beberapa agenda kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Idhotun Nasyi'in yang diselenggarakan pada Hari Minggu, 15 Oktober 2023 sampai dengan Hari Rabu, 18 Oktober 2023:

1. Pembukaan Kegiatan P5 di SMK Idhotun Nasyi'in

Kegiatan P5 di SMK Idhotun Nasyi'in dimulai pada Hari Minggu, 15 Oktober 2023, yang diadakan di halaman SMK Idhotun Nasyi'in tepat setelah melakukan apel pagi.

Ketua OSIS SMK Idhotun Nasyi'in (2022/2023) sebagai  MC

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini dibuka oleh Bapak Nova Hari Saputro, S.Pd selaku Kepala SMK Idhotun Nasyi'in. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan poin-poin penting tentang diadakannnya progam P5 di SMK Idhotun Nasyi'in.

Sambutan Sekaligus Pembukaan P5 oleh Kepala SMK Idhotun Nasyi'in

2. Materi P5 dan Soal Pre-Test & Post-Test

Kegiatan P5 dalam kesempatan ini bertema "Suara Demokrasi" SMK Idhotun Nasyi'in. Dalam materi ini, setiap siswa dan siswi diberikan banyak materi yang bertema demokrasi seperti makna demokrasi, pentingnya demokrasi, pembuatan video bertema demokrasi, dan mengerjakan soal-soal pre-test dan post-test.

Materi P5 dan Soal Pre-Test & Post-Test

3. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2023-2024

Sebagai bentuk aplikasi progam P5, kegiatan ini disandingkan dengan agenda OSIS tahunan, yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2023-2024.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2023-2024

Selamat kepada Doni Setiawan (kelas XI DKV A) sebagai ketua OSIS dan Alfiatul Maghfiroh (Kelas X DKV) sebagai wakil ketua OSIS masa bakti 2023-2024. Semoga dapat melaksanakan amanah dengan penuh tangung jawab.

Sambutan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Idhotun Nayi'in

4. Kunjungan ke Balai Desa Tunjungmekar, Kalitengah, Lamongan

Dalam salah satu agendanya, kegiatan P5 ini diselenggarakan dengan mengunjungi Balai Desa Tunjungmekar, Kalitengah, Lamongan. Kunjungan ini bertujuan untuk memberi materi pembelajaran tentang proses pemilihan umum, sesuai dengan tema "Suara Demokrasi".

Kunjungan ke Balai Desa Tunjungmekar, Kalitengah, Lamongan

5. Penutupan Kegiatan P5

Alhamdulillah, semoga puji bagi Allah SWT, kegiatan P5 telah selesai dilaksanakan dengan lancar, tepat pada hari Rabu, 18 Oktober 2023. Kegiatan ini ditutup oleh Koodinator Kegiatan P5, Bu Lailatul Izah, S.Si. sekaligus sebagai Waka Kurikulum SMK Idhotun Nasyi'in.

Penutupan Kegiatan P5 oleh Waka Kurikulum SMK Idhotun Nasyi'in


0 Komentar